Jaman semakin canggih aja, belanja bisa via online, butuh duit tinggal transfer via ATM, belajar bisa dari e-book, dll. Karena jaman yang makin berkembang maka diharapkan kita dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan jaman. Tidak mesti ikutan belanja online meski cuma belanja parfum tapi setidaknya kita tahu caranya.

Salah satu contoh sederhana bukti berkembangnya jaman adalah handphone atau hape. Setiap bulannya selalu saja keluar model hape baru dengan membawa kecanggihan baru dan juga berbagai kemudahannya. Dimulai dari hape harga murah sampai jutaan bisa dipilih sesuai dengan kondisi kantong masing-masing. Kini sepertinya hape bukanlah barang langka dimana semua orang bahkan anak SD aja sudah punya hape sendiri. Sekedar untuk gaya-gayaan di depan teman-teman atau untuk bernarsis ria dengan cameranya.

Oleh karena sebagian besar rakyat Indonesia pada punya hape, maka menjadi lahan baru bagi para tukang tipu melakukan penipuan gaya baru melalui hape. Ini salah satu contoh sms penipuan yang saya terima beberapa hari yang lalu :

Selamat…. !!!! Anda mendapat BERKAH (1) mobil “YARIS” dari Kuku Bima ENER-G ! No seri 4e75c. U/ info HUB : 08-135-4835710 H. MUH. IMAN, SH.

Pelaksana :

PT. SIDO MUNCUL

Pengirim :

+6285233133943

(sengaja nomor hapenya ditulis jelas, sapa tahu yang ngirim nyasar dan baca tulisan ini😆 )

Pas baca sms tidak penting ini saya sudah berpikir bahwa ini adalah sms penipuan dan orang di ujung sana yang tidak pernah saya kenal entah siapa orangnya sedang berusah mengibuli saya dengan sms murahan seperti ini. Maaf aja cara yang dia lakukan ngak mempan di saya. Lagian saya ngak bego yang mudah tertipu oleh sms ngak bermutu seperti ini.

Setelah beberapa detik saya teringat bahwa seumur-umur hingga sampai detik ini saya tidak pernah bersentuhan apalagi mengkonsumsi produk yang dimaksud. Darimana jalannya saya bisa memang lah saya aja ngak pernah mencoba / tahu rasa dari produk itu. Dasar geblek ini penipu. Kalo bodoh jangan diliatin ke orang-orang tuh malah keliatan kan bodohnya. ckckckckck….. *geleng-geleng kepala*

Sudah banyak orang yang menerima sms dengan isi yang mirip seperti ini namun sebagian besar maksudnya adalah sama, MENIPU. Ada juga sms mama / papa yang lagi bokek ngak punya pulsa ketangkep di kantor polisi (biarin tukang tipu buat apa ditolong, nginap aja lu di sana) dan juga ada yang ngaku minta ditransfer pulsa buat nelpon keluarga temannya yang sekarat di rumah sakit (kenapa ngak mati aja sekalian biar ngak nambah dosa):mrgreen:

Saya sempat mengira penipu-penipu ini sudah insyaf karena sudah banyak juga orang Indonesia yang ngak mempan kena tipu tapi kok sms nya masih bertebaran ke hape mana-mana. Apa jangan-jangan masih ada yang menjadi korbannya😕

Jika ada yang menerima sms yang mirip seperti ini jangan digubris, cuekin aja. Anggap aja iklan yang lagi lewat😀 Mau diladenin malah kita juga yang rugi, ngabisin pulsa. Semoga penipu-penipu ini insyaf dan mencari pekerjaan yang halal. Kata Bapak Tebe…. kiamat sudah dekat…..😀