Syukur alhamdulillah saya ucapkan kepada Allah karena tepat hari ini usia blog Orange Float genap satu tahun. Teringat setahun yang lalu ketika saya memutuskan untuk bergabung ke dalam dunia blogger. Waktu itu saya tidak tahu apa-apa. Pengen punya blog sendiri tetapi tidak tahu apa namanya, apa saja isinya dan bagaimana mengelolanya. Tidak tahu sama sekali harus dimulai darimana.

Akhirnya dengan tekat yang bulat saya nekad untuk mendaftarkan sebuah blog pada wordpress.com. Awalnya saya telah mendaftarkan sebuah blog baru tetapi berhubung saya kurang sreg pada nama yang telah saya daftarkan maka dengan terpaksa akun blog tersebut saya tutup. Lagian belum ada isi, masih kosong melompong.

Hingga akhirnya terpilihlah nama Orange Float. Pemilihan nama ini karena pertama saya menyukai segala minuman jeruk, baik itu dari yang sederhana sampe yang modern. Saya menyukai rasanya yang sedikit asem dan manis.

Kedua, pemilihan nama Orange float ini memiliki arti yaitu orange (jeruk). Terkadang kita menemukan jeruk yang rasanya manis dan tak sengaja terkadang menemukan jeruk asem. Makna dari jeruk ini adalah  kehidupan ini seperti buah jeruk, bulat. Kehidupan kita juga berputar tak selamanya kita berada di atas dan juga tak selamanya berada di bawah. Ada saatnya kita sedih, depresi, dirundung masalah dan ada saatnya pula kita terlepas dari kesusahan, bahagia, tertawa senang. Hidup ini kadang manis dan terkadang asem. Di sinilah kita diminta untuk belajar berprasangka baik terhadap segalanya, positif thingking bahwa Allah bersama orang-orang yang sabar. Ia tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan mahkluk ciptaan Nya. Kita tidak bisa hidup tanpa masalah. Besar kecil masalah itu pasti ada. Tergantung diri kita sendiri bagaimana menyikapinya.

Masalah akan menjadikan kita semakin tegar dan kuat menjalani hidup. Tidak cengeng dan putus asa. Jangan jadikan masalah menjadi masalah. Kerena masalah itu ngak akan ada  habisnya. Tentunya kita tak ingin menjadi manusia pengecut dan menyerah pada problema. Semua pasti ada jalan keluarnya. Mintalah petunjuk kepada Nya dan yakin bahwa cobaan ini pasti ada jalan keluarnya. Semua pasti kan berlalu. Ada kemudahan setelah kesulitan, ada kebahagiaan setelah kesedihan. Begitulah hidup.

Pemilihan kata float sendiri karena dalam bahasa inggris kata Float berarti mengapung, mengambang. Dapat dilihat disini terjemahannya. Oleh kerena itu menurut pemikiran saya bahwa dalam hidup ini kita juga butuh suatu kepastian. iya ya iya dan tidak ya tidak. yes or no. Kita butuh suatu kepastian.

Hidup ini penuh dengan pilihan dan setiap pilihan tentu memiliki resiko baik itu besar maupun kecil pasti ada. Tergantung dari diri kita sendiri mau pilih yang mana. Sebaiknya pilihlah pilihan yang memiliki resiko kecil. Walaupun sakit tetapi sakitnya tidak terlalu banyak. Masih bisa diobati.

Hingga akhirnya saya berkesimpulan bahwa Orange Float berarti kehidupan yang selalu berputar ada sedih dan ada pula bahagia dihiasi dengan berbagai macam persoalan beserta lika likunya.  Untuk menuju kebahagiaan serta keluar dari persoalan tentu kita menghadapi berbagai macam pilihan. Jalan keluar mana yang hendak kita pilih. Mau pilih jalan arah kanan atau sebelah kiri yang masing-masingnya memiliki resiko sendiri, maka pilihlah yang terbaik menurutmu. Just do your best.

**********

Setahun yang lalu ketika Orange Float baru lahir, semua dimulai dari nol. Saya kelola sendiri. Saya belajar sendiri. Gugling sana gugling sini. Dalam benak saya waktu itu adalah bagaimana saya bisa menulis dari hasil pemikiran saya sendiri dan membesarkan orange Float dengan sebaiknya. Tak banyak tamu yang datang ke sini. Masih ingat waktu itu tulisan pertama saya adalah berjudul Syukurku Kepadamu. Postingan ini saya tulis pada tanggal 21 Maret 2009. Sebagai Tamu pertama saya adalah Mbak Bening. Ia memberikan komentarnya pada halaman Diriku.

Seiring berjalannya waktu semakin hari semakin banyak tamu yang datang dan juga semakin bertambah tulisan yang saya sajikan. Hingga hari ini telah memiliki 67 tulisan. Tulisan saya memang kurang banyak dibandingkan dengan milik teman-teman. Sempat selama 6 bulan blog ini terlantar, sepi sekali. Paling satu bulan hanya bisa up date satu tulisan. Tak banyak yang bisa saya berikan karena kesibukkan saya hingga menyentuh komputer pun sangat jarang. Saya merasakan kangen yang teramat sangat kepada blog ini beserta segala kisahnya.

Saya juga sempat tidak percaya diri untuk menulis, tak punya ide. Ingin menulis tapi tak tahu apa yang ingin ditulis. Otak ini seperti kosong. Mungkin karena saya sempat vakum lama.

Melalui blog ini pula saya telah banyak mendapat teman, ilmu dan pelajaran yang tak pernah saya peroleh sebelumnya. Mencoba berbagi cerita, pengalaman dan juga tips. Harap maklum saja jika kebanyakan tulisan saya banyak berisi curhatan. Sampai hari ini pun saya masih belajar. Satu hal yang menjadi kebangaan saya bahwa semua tulisan yang saya berikan murni berasal dari pikiran saya sendiri bukan dari hasil mencontek dan copas dari tulisan orang lain. Tak disangka ternyata saya bisa menulis walaupun masih amatiran. Belum ada apa-apanya dibandingkan dengan teman-teman yang lain.

Segala keluh kesah, kesedihan, kemarahan, kekecewaan dan kebahagiaan saya tuangkan pada blog ini. Apabila ada yang merasa kurang menyukai isinya, maafkan saya. Hanya ini yang bisa saya berikan.

keep on blogging😀