Lagi-lagi hari ini saya bangun kesiangan, sudah beberapa hari tidak bisa nyenyak tidur, setiap malam selalu saja was-was, khawatir jika tiba-tiba sosok mungil itu hadir mendatangi saya. Biasanya ia datang tengah malam ketika semua orang tertidur pulas, berlayar ke alam mimpi maka secara mengendap-endap sosok mungil itu datang😈

Walaupun semua pintu dan jendela tertutup rapat tapi entah darimana jalannya bisa aja mereka masuk dengan leluasa kesana kemari. Berlarian dengan cerianya, bebas tidak ada yang mengawasi mereka. Ketika datang biasanya mereka akan memeriksa segala sudut rumah, naik turun tangga, makan sepuasnya seperti rumah mereka sendiri, dan setelah puas makan maka mereka akan naik ke tempat tidur (capek kali ya abis main kejar-kejaran).

Ia memang mungil, ukuran tubuhnya masih kecil kalo menurut saya ia masih balita, berkulit hitam dan memiliki telinga lebar. Walaupun ngak diundang mereka masih saja bersikeras bertamu setiap malamnya, sudah diusir bahkan kalo mereka mau datang cepat-cepat semua pintu dan jendela ditutup rapat-rapat supaya mereka tidak bisa masuk. Anehnya mereka ini bego, bodoh atau idiot sudah tahu ngak boleh bertamu tapi bisaaa aja mereka menyusup masuk ke dalam rumah.

Ugh… terkadang bikin kesal tapi saya juga ngak tega, kasihan mereka masih kecil tapi tingkah laku mereka telah meresahkan terutama saya yang merasa terganggu akan kehadiran mereka ini.

Tahu ngak tamu kecil saya yang selalu setia hadir setiap malam itu tak lain dan tak bukan adalah seekor tikus dan karena dia masih kecil biasa dipanggil dengan sebutan tikus curut. Kalo yang datang itu si Mickey Mouse atau si Jerry temannya Tom ya ngak apa-apa ngak masalah dengan senang hati saya terima kedatangannya. Pastinya mereka bisa menghibur saya, bisa bikin ketawa lepas dari kepenatan otak tapi ini ih…. geli ngeliatnya. Sudahlah hitam, Jorok, dekil, bau lagi terus bisa menimbulkan penyakit juga. ugh…. bikin sebel😡

Saya dah eneg banget secara mereka itu kotor biasa maen di got dan tong sampah dan kini seenaknya saja masuk ke dalam rumah. Masuk ke kamar, mengacak-acak pakaian dan tempat tidur. Pernah waktu itu kepergok lagi makan di atas meja makan dasar ngak sekolah ngelunjak amat nih tikus, padahal waktu itu saya belum makan malam mana perut lapar lagi. Terpaksa makanan yang ada di meja dibuang daripada tertular kena penyakit. Gara-gara ulah tikue rese terpaksa saya hanya makan mie rebus malam itu.

Tidak hanya pada tikus curut aja saya jijik tapi pada semua jenis tikus. Entah itu tikus putih ataupun tikus gede seperti wirog yang gendutnya bisa bikin kucing saya ketakutan.

Salah satu cara ampuh untuk mengusir mereka adalah dengan meracuninya dengan umpan makanan. Teringat dulu sewaktu saya masih kecil jika banjir datang, mendadak rumah berubah menjadi sarang tikus. Biasanya Ayah mengumpani mereka dengan makanan yang dimasukkan ke dalam perangkap di malam hari. Ketika pagi tiba sang tikus telah masuk ke dalam jebakan. Pagi itu juga ayah matiin bunuh mereka dengan disiram air panas atau dibenamkan ke dalam air sungai👿

Sejujurnya saya juga ngak tega kok kesannya kejam banget, sadis, menyiksa mereka tapi mau ngak mau harus gimana lagi ngak mungkin saya kasih ke tetangga. Di depan rumah bikin pengumuman di selembar kertas bertuliskan :

Di sini tersedia anak tikus curut berbulu hitam, lucu, imut, siapa yang mau anak tikus  silahkan hubungi saya di nomor 081366xxxx. Buruan… harga promosi😀

Ngak lagi-lagi mau ngak mau mereka harus diusir, angkat kaki dari rumah ini. Pergilah kau curut… pergilah…. Saya tidak pernah mengundang kalian, jangan pernah kembali.

Buat anak-anak tikus pesan saya daripada kalian mati sia-sia di rumah ini, maka lebih baik kalian enyah angkat kaki dari rumah saya. Kita pisah baik-baik dan jika suatu hari nanti kita bertemu anggap saja kita ngak pernah kenal. Carilah kehidupan kalian di luar sana yang jauh lebih indah, menarik daripada kamar kecil saya ini. Semoga kalian bisa menjadi tikus yang berbakti kepada kedua orang tua dan berguna bagi nusa dan bangsa😀

NB: Sengaja pada postingan kali ini tidak saya tampilkan gambar tikus demi kenyamanan rumah Orange Float