Salah satu musuh besar wanita yang sangat menyebalkan adalah jerawat. Jerawat sering mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Bayangi aja kita semua lahir dengan wajah bersih, halus, mulus tiba-tiba ketika beranjak dewasa wajah yang cantik ini harus dihiasi oleh jerawat. duh…. berkurang dong kecantikannya walaupun kecantikan fisik bukanlah segalanya tapi tak ada salahnya jika kita menjaga dan memelihara sebaik-baiknya anugerah yang telah diberikan oleh Nya.

Yuli masih ingat dulu sewaktu jaman SMU punya banyak jerawat, aku sih maklum aja mungkin lagi masa puber kali ya tapi efeknya aku jadi sedikit kurang pede dan setiap kali ngobrol dengan seseorang aku ngerasa orang itu bukan mendengarkan ucapanku tapi sedang menghitung jerawat yang nagkring di wajahku ada berapa banyak. Aku benar-benar ngak pede dan males banget ketemu orang. Dah berapa banyak merek obat jerawat kucoba tapi tak ada yang manjur.

Akan tetapi keajaiban datang, kini jerawat itu dah kabur. mungkin mereka dah bosen kali ya nangkring di sini dan sedikit demi sedikit mereka pergi meninggalkan wajahku. duh…. leganya otomatis pede jadi bertambah walaupun dengan atau tanpa jerawat aku tetap ngerasa cantik karna aslinya emang cantik (yang baca dilarang sirik, ngak boleh sewot, nurut aja)🙂

Jerawat emang sepantasnya harus diobati karna dapat mengurangi keindahan pemandangan seseorang disamping inner beauty dan sebaiknya kita mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya jerawat.

1. Kebersihan wajah

Debu, asap, tangan yang kotor memudahkan timbulnya jerawat. Di sini kita harus memperhatikan kebersihan wajah yang rentan terkena bakteri dan biasakanlah sebelum tidur terlebih dahulu cuci muka, sikat gigi, cuci kaki dan tangan serta membaca do’a sebelum tidur (mulai ngawur ngak jelas kemana-mana). oya katanya bewudhu juga bisa mengurangi jerawat lho… percaya

2. Perubahan hormonal

Biasanya perubahan ini terjadi pada usia remaja, ketika menjelang menstruasi, pada wanita hamil dan pikiran yang lagi stress. Ada baiknya kita menghindari stress karna bisa memicu semakin banyaknya jerawat kamu. Kalo pun jerawat itu sudah telanjur datang ya bawa santai aja jangan terlalu dipikirin karna jerawat semakin dipikirin maka akan  semakin berkembang biak dengan subur.

3. Penggunaan kosmetik yang mengandung minyak

Hati-hati karna pemakaian kosmetik yang ngak cocok di kulit dapat menyebabkan jerawat dan lebih baik memilih yang mengandung oil free.

4. Faktor keturunan

Jika keluarga kamu seperti ayah, ibu, kakek atau nenek semasa muda dulu mereka jerawatan so, bisa dipastikan kamu akan mendapatkan warisan jerawat dari mereka karna buah jatuh ngak jauh dari pohonnya🙂

5. Rambut/Poni

Terkadang rambut menjadi kotor dan berminyak akibat akitivitas sehari-hari dan jika rambut menyentuh wajah, maka kotoran tersebut dapat berpindah ke wajah kamu dan menyebabkan jerawat, maka ada baiknya menyingkirkan rambut yang menyentuh wajah.

Ada banyak orang yang mengatakan bahwa kacang, coklat, susu, gula juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Akan tetapi sampai saat ini belum ada suatu penelitian medis yang menemukan keterkaitannya dan ini hanyalah mitos belaka.

Penanganan jerawat tidak cukup hanya menggunakan obat anti jerawat saja melainkan harus menyeluruh mulai dari menjauhi faktor-faktor penyebabnya sampai perubahan gaya hidup seperti  tidak tidur terlalu malam (ini emang pernah Yuli buktikan sendiri) dan perbanyaklah minum air putih karna air putih dapat mengeluarkan racun dan zat tidak berguna lainnya di tubuh.