Sindrom Pramenstruasi yang biasa disingkat PMS bukan PMS “Penyakit Menular Seksual” tapi ini PMS yang biasa dialami oleh kaum perempuan terutama yang masih berusia 12-50 tahun, walaupun ada juga beberapa orang datang pas umur 10 tahun. PMS merupakan perubahan fisik, emosi dan psikologis pada saat menjelang siklus ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium). Biasanya PMS ini datang 1 minggu sebelum menstruasi datang. Gejala yang dirasakan yaitu, emosi ngak stabil, perasaan sensitif, gampang tersinggung, pokoknya sesuatu yang ngak penting bisa jadi masalah. Selain itu ada juga gangguan kesehatan seperti, pusing, perut kembung, berat badan bertambah, dan wajah mulai dihiasi dengan jerawat.

Penyebab munculnya sindrom ini karena hormon di dalam tubuh sedang tidak stabil yaitu ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan progesteron. Akibat hormon hormon tubuh yang sedang bergejolak ini maka seringkali seseorang mengalami kram perut dan sakit pinggang, ini dikarenakan otot di rahim sedang menegang/kontraksi, selain itu juga merasa cepat letih, males kerja dan lebih suka bermalas malasan dan makan (mungkin dah bawaan menstruasi kali yah).

Karena mood pada saat pms ini lagi ngak stabil, sering kali kita sebagai kaum perempuan marah marah dan bete ngak karuan seperti yang pernah dialami oleh seorang tukang ojek langganan ku. Ceritanya dia ini punya pacar dan setiap kali sang cewek lagi dapet pasti dia selalu menjadi objek pelampiasan amarah nya, terkadang marah nya itu disebabkan oleh hal yang sepele dan ngak penting banget. seperti sang cowok ngak nelpon ngambek, ngak bales sms ngambek, ngak datang ngapel juga ngambek padahal dia tahu si cowoknya ini lagi kerja, biasanya juga ngak apa apa. bisa bisa hari itu semua yang diucapkan dan dilakukan oleh sang cowok pasti salah semua, apa yang ada di depan matanya ngak ada yang benar, selalu aja ngerasa ada celah kesalahan.

Duh… kepada kalian kaum lelaki harap maklum aja ya, pada saat itu perasaan kami emang lagi sensitif dan sebagai seorang perempuan pun aku selalu ngerasain ini tiap bulannya. Akan tetapi sebagai perempuan pun kita harus bijak menghadapi saat saat sulit seperti ini, kita tidak bisa bersikap seenaknya, marah marah ngak jelas apalagi sampai menyakiti hati orang lain terutama orang tersayang. Seperti yang dikatakan oleh abang ojek langganan ku tadi setiap kali ceweknya PMS pasti dia juga ikut uring uringan karna selalu dapat omelan ngak penting dari pacarnya.

Di sini aku mencoba tuk ngerasain perasaan kalian para kaum lelaki (yang PMS siapa, yang diomelin siapa) makanya aku punya beberapa kiat yang biasa kuterapkan jika si “M” mau datang:

1. Mengurani makanan bergaram seperti kentang goreng, ikan asin, telor asin (semua yang terasa asin)

2. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti, sereal

3. Perbanyak minum air putih sebagai pengganti cairan tubuh yang banyak hilang

4. Perbanyak makan sayuran

5. Hindari coklat, teh, kopi, minuman bersoda dan alkohol (selain tidak baik bagi kesehatan juga bisa bikin mabuk, dan haram)

6. Melakukan olahraga ringan

7. Hindari stress karena bisa menyebabkan jerawat tumbuh subur

8. Dari pada bad mood dan marah marah ngak penting apalagi sampai menyakiti hati orang lain karena perasaan lagi tak menentu, ada baiknya menjauh dari keramaian, menahan emosi dan berdiam diri di kamar dan ingat pepatah ” mulut mu adalah harimau mu. kita sendiri yang rugi kelak

9. Jagalah kebersihan (mandi 3 kali sehari jangan lupa sikat gigi, keramas dan tak lupa ganti pembalut 4 jam sekali jika si “M” telah datang)

Insya Allah jika sudah menerapkan 9 point di atas, maka PMS bukanlah sesuatu hal yang mengerikan. PMS datang, aktivitas tetap berjalan dan hati pun tetap riang😀

Iklan