Di dunia ini ada jutaan bahasa yang beraneka ragam dan Indonesia aja punya banyak bahasa dan tidak semua bahasa itu kita kuasai. Paling – paling bahasa daerah masing – masing, bahasa Indonesia dan yang paling universal ya Bahasa Inggis. tapi apapun bentuknya, semua bahasa itu memliki satu tujuan yaitu untuk komunikasi karna tanpa bahasa, apa yang ingin disampaikan di hati ngak akan tersampaikan dan yang ada malah miss communication alias ngak nyambung, tullit. Mo ngomong “A” tapi bilang apa, pake bahasa apa.

Gara – gara perbedaan bahasa ini aku pernah binggung dibuatnya karna 2 bahasa yang berbeda. Ceritanya malam itu ada 4 orang cowok dengan gaya anak muda datang menghampiriku. awalnya mereka say ” hello ” dan kubalas dengan senyuman kemudian kalimat selanjutnya yang diucapkan adalah bahasa kampung nya “Mbak Zhang Ziyi”. Bahasa mandarin sono. Awalnya dalam hatiku sempet sebel juga please dong ah kalo mau ngomong bahasa kampung kalian jangan bawa – bawa ke sini, aku kan ngak ngerti, pake bahasa Jambi kek, bahasa Indonesia kek. ini malah bikin aku tambah bengong ngak ngerti.

eh, ngak tau nya Si koko koko ini emang ngak bisa bahasa Indonesia dan bahasa inggris pa lagi bahasa Jambi, tambah benggong kali mereka. Akhirnya mereka minta pena dan selembar kertas dan menuliskan pertanyaan mereka tapi tetep aja sulit. aku harus berusaha memahami maksud tulisan mereka. Ku panggil Om ku, eh ngak tau nya kami berdua pun sama – sama binggung. Dan coba bertanya ke kanan dan kiri siapa yang bisa ngertiin bahasa mereka. Untunglah ada tetangga sebelah yang emang masih ada darah Chinese nya yang bisa ngerti bahasa Koko Koko ini walaupun itu tak mudah dengan menelpon emak di rumah yang lebih jago. ampun deh…. gara – gara mereka kita semua jadi pusing 7 keliling dan hari itu mereka 2 kali datang menemuiku sampe sampe aku mikir Koko Koko ganteng ini mimpi apaan yah kok bisa terdampar di Indonesia, tersesat di jambi dan yang paling anehnya malah bertemu aku. kali aja mereka ngomongi aku dengan bahasa mereka. Misal nya mereka memuji kecantikan ku ( kau cantik hari ini dan aku suka ) atau , ada cewek manis seperti diriku ( Yuli kok manis banget , kamu banyak mengandung gula ya? ) hahahhahaah……. ngarep

Kayaknya aku harus belajar bahasa Mandarin deh. kalo sekedar ngucapin ” Wo ai ni ” atau ” ni hao ma” ya aku bisa tapi selain itu? angkat tangan deh

ada satu lagi nih website qq.com isinya tentang apaan yah dan sampe sekarang aku masih mencari jawabannya.